5

Selamat Datang... Blog Ini Hanya Ingin Berbagi Ilmu Dan Sharing Pengetahuan Dan Informasi Bersama....

Jumat, 02 November 2012

Metode Fatum (B. Arab)

Share on :
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Untuk membantu kita dalam belajar Bahasa Arab, kita bisa mempelajari metode Fatum yang sangat cocok untuk kita yang masih pemula. Semoga bermanfat bagi kita semua ..


Kata Benda (Isim)
Dijelaskan macam-macam kata benda dan ciri-cirinya. Diantara ciri kata benda Adalah diawali dengan Alif Lam atau diakhiri dgn tanwin juga Percakapan sederhana
Kata Kerja (Fi'il)
Macam-macam kata kerja dalam bahasa Arab, Diantaranya adalah Kata Kerja Perintah (Fi'il Amr-Imperatif), kata Kerja Saat ini (Fi'il Mudhori'-Present) & Kata Kerja Lampau (Fi'il Madi-Past)
Jumlah (Mufrod, Musanna, Jama')
Kalau dalam bahasa Indonesia Kata Benda Tunggal (Singular), Jamak (Plural). Contoh : Muslim - Muslimuuna/muslimiina - Muslimaat juga dijelaskan Jamak Taksir
Kata Ganti (Domir)
Dalam bahasa Arab ada dua kata Ganti (Domir). -1- Kata Ganti Orang (Domir Munfasil) contoh : Huwa (Dia), Anta (Kamu), Antum (Kalian), Ana (Saya) dll dan -2- Kata Ganti Milik (Domir Muttasil)
Kata Berma'na Paling (Isim Tafdil)
Isim tafdil ( kata Superlatif), Atau kata yang bermakna paling. Bahasa Inggris biasanya diakhiri dengan 'est'. The Biggest (Paling Besar) Kalau dalam bahasa Arab cirinya diawali dengan Alif fatha & Sukun ('AK'BAR, 'AF'DOL, 'AH'SAN, 'AK'ROM, 'AL'THOF)
Dasar Ilmu SOROF (Perubahan kata)
Ilmu sharaf adalah Ilmu dasar membaca 'Arab Gundul'. Kata-kata dalam bahasa arab pada dasarnya 3 huruf. Dengan ilmu sorof kita bisa memvariasikan 1 kata itu menjadi puluhan turunan kata yang baru.
Perubahan Kata Kerja (SOROF)
Di Slide ini akan ditunjukkan, bagaimana 1 kata bisa berubah menjadi puluhan kata. Jadi kita cukup menghafal 1 kata, otomatis kita bisa tau puluhan kata variasinya, itulah kelebihan bahasa Arab.
Kata Kerja Berimbuhan (Fiil Mazid)
Dengan Slide yang terakhir ini akan lebih dahsyat lagi, dari satu kata kita tidak hanya mengerti puluhan kata, namun ratusan kata. Subhanalloh, Sungguh Benar Firman Alloh "Dan sungguh telah kami mudahkan Al Qur'an sebagai peringatan.." Al Qamar : 17

2 komentar:

  1. saya faizal1194@gmail.com send kat sini asap

    BalasHapus
  2. MAU TANYA, PENEMU METODE INI SIAPA YA KA,DAN KAPAN MULAI ADA SERTA PENYEBARANNYA SUDAH SAMPAI MANA???

    BalasHapus

92373-tIFjK1R4crfbk26ImkOQX8taovxZnlz3